Rabu, 15 Juli 2009

Analisis Unsur Intrinsik Cerpen dengan Teknik Pengajaran Brainstorming

Teknik Brainstorming biasa diindonesiakan dengan meramu pendapat. Teknik ini merupakan perpaduan antara teknik tanya jawab dengan teknik diskusi. Teknik ini dianggap bagus karena setiap siswa boleh/dapat secara bebas mengemukakan pendapatnya.
Teknik ini dapat membangkitkan pikiran siswa yang kreatif, memancing timbulnya pendapat-pendapat baru, dan menimbulkan suasana yang menyenangkan.

Keunggunalan teknik adalah :
1. merangsang semua siswa untuk ambil bagian dalam diskusi
2. menghasilkan reaksi berantai
3. menghemat waktu
4. dapat digunakan dalamkelompok besar maupun kecil
5. tidak memerlukan moderator yang hebat
6. memerlukan sedikit peralatan

Langkah-langkah PBM
1. Apersepsi
2. Guru membentuk kelompok kecil di kelas
3. Guru memberikan sebuah cerpen pada tiap kelompok dengan judul yang sama
4. Menugasi siswa untuk menganalisis unsur intrinsik cerpen (karakter dan Plot)
5. Menugasi siswa untuk berpendapat hasil temuannya
6. siswa yang lain menanggapi jawaban siswa
7. Guru mendaftar/mencatat semua pendapat dan tanggapan siswa
8. Guru menyimpulkan hasil pendapat siswa dengan adil
9. Siswa mencatat kesimpulan yang disampaikan oleh guru.

Dalam teknik ini guru diharapkan memberikan penguatan pada setiap pendapat siswa agar siswa termotivasi untuk menyampaikan ide-idennya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar